Mala & Tino Pernikahan Adat Minang di Graha Wredatama

DSC00115Asmall

Kali ini tim Gofotovideo dipercaya untuk mendokumentasikan pernikahan Adat Minang yang digelar di Graha Wredatama antara Mala & Tino.

Nah sebelum kami menampilkan hasil dokumentasi pernikahan tersebut, seperti biasa tim Gofotovideo akan memberikan sedikit informasi mengenai tata cara dan proses pernikahan dalam Adat Minang.

Tata Cara Pernikahan Adat Minang

1. Maresek

Kegiatan ini menjadi proses awal tata cara pernikahan adat Minang. Pihak keluarga wanita akan mendatangi pihak keluarga pria, dan hal ini sesuai dengan sistem kekerabatan di adat Minangkabau. Pihak keluarga yang diutus adalah beberapa wanita yang sudah berpengalaman dalam mencari tau apakah calon pengantin prianya coock dengan calon pengantin wanitanya tidak. Pihak keluarga yang diutus juga biasanya akan membawa buah tangan bagi keluarga calon pengantin pria sebagai simbol sopan santun.

2. Menimang dan Batimbang Tando

Batimbang Tando memiliki arti bertukar tanda. Menjadi simbol pengikat perjanjian yang tidak bisa dibatalkan oleh sebelah pihak.

Biasanya yang ditukarkan adalah benda pusaka seperti keris, kain adat, atau benda lainnya yang memiliki nilai sejarah bagi keluarga. Setelah ini dilanjutkan dengan acara berembuk mengenai penjemputan calon mempelai pria. Adapun tahapannya yaitu keluarga calon mempelai wanita mengunjungi kediaman keluarga calon mempelai pria.

Pada acara tersebut akan melibatkan orangtua, ninik mamak, dan para sesepuh dari kedua belah pihak. Rombongan yang datang akan membawa sirih pinang lengkap dan disusun dalam carano (tas yang dibuat dari daun pandan).

3. Mahanta Siriah

Acara ini di mana mempelai meminta izin atau memohon doa restu kepada mamak-mamaknya, saudara ayah, kakak yang telah berkeluarga dan sesepuh yang dihormati. Ritual ini memiliki tujuan untuk memohon doa dan memberitahukan rencana pernikahan.

Calon mempelai pria pada acara ini akan membawa selapah yang berisi daun nipah dan tembakau. Namun sekarang ini diganti dengan rokok. Sedangkan calon memperlai wanita akan menyertakan sirih lengkap.

4. Babako- Babaki

Acara ini akan diadakan beberapa hari sebelum acara akad nikah berlangsung. Bako berarti pihak keluarga dari ayah calon mempelai wanita. Dan pihak keluarga ini ingin menunjukkan kasih sayangnya dengan ikut memikul biaya sesuai kemampuannya.

Acara ini dimulai dengan calon mempelai wanita dijemput dan dibawa ke rumah keluarga ayahnya. Di sana para tertua akan memberikan nasihat. Dan keesokan harinya, calon mempelai wanita akan diarak kembali ke rumahnya diiringi keluarga pihak ayah dengan membawa berbagai macam barang bantuan tadi.

Perlengkapan yang disertakan biasanya berupa sirih lengkap (sebagai kepala adat), nasi kuning singgang ayam (makanan adat), antaran barang yang dibutuhkan calon mempelai wanita seperti pakaian, perhiasan, lauk pauk yang sudah matang maupun mentah, sampai kue dan lainnya.

5. Malam Bainai

Acara ini dilakukan pada malam sebelum akad nikah. Bainai menjadi ritual untuk melekatkan jasil tumbukan daun pacar merah (daun inai) di kuku calon pengantin. Tradisi ini memiliki makna sebagai ungkapan kasih sayang dan doa restu para sesepuh keluarga mempelai wanita. Lalu terdapat juga air yang berisikan keharuman tujuh bunga, daun iani tumbuk, payung kuning, kain jajakan kuning, kain simpai, dan kursi bagi calon pengantin.

Calon pengantin wanita pun dibawa keluar dari kamar diapit teman sebayanya dengan menggunakan baju tokoh dan bersunting rendah. Selanjutkan akan berlangsung acara mandi-mandi secara simbolik dengan memercikkan air harum tujuh kembang oleh para sesepuh dan kedua orangtua. Selanjutnya kuku-kuku calon pengantin wanita pun diberi inai. Saat inai dipasang maka akan diiringi syair tradisi Minang di malam bainai disertai bunyi seruling.

6. Manjapuik Marapulai

Acara ini menjadi ritual paling penting dalam tata cara pernikahan adat Minang. Prosesinya bermula dari calon pengantin pria dijemput dan dibawa ke rumah calon pengantin wanita untuk melangsungkan akad nikah. Lalu pada acara ini pun akan dilakukan pemberian gelar pusaka pada calon pengantin pria sebagai simbol kedewasaan.

Selanjutnya rombongan dari keluarga calon pengantin wanita akan menjemput calon pengantin pria dengan membawa perlengkapan berupa sirih lengkap dalam cerana, pakaian pengantin pria lengkap, nasi kuning singgang ayam, lauk pauk, dan lainnya. Setelah prosesi sambah mayambah dan mengutarakan maksud kedatangan, barang-barang pun diserahkan. Lalu calon pengantin pria beserta rombongan akan diarak menuju kediaman calon pengantin wanita.

7. Penyambutan di Rumah Anak Daro

Acara ini akan diiringi musik tradisional khas Minang, yaitu talempong dan gandang tabuuk lalu barisan Gelombang Adat timbal balik. Terdiri dari para pemuda berpakaian silat dan disambut para dara berpakaian adat yang menyuguhkan sirih.

Keluarga mempelai wanita akan memayungi calon mempelai pria dan disambut dengan tari Gelombang Adat Timbal Balik. Selanjutnya para sesepuh wanita akan menaburi calon pengantin pria dengan beras kuning. Dan sebelum memasuki pintu rumah, kaki calon pengantin pra akan diperciki air sebagai simbol mensucikan, lalu berjalan menapaki kain putih menuju tempat akad.

8. Akad Nikah

Akad nikah ini akan dilangsungkan sesuai syariat agama Islam. Diawali dengan pembacaan ayat suci, ijab kabul, nasihat perkawinan dan doa. Acara ini umumnya dilakukan pada hari Jumat siang.

9. Basandiang di Pelaminan

Setelah akad nikah berlangsung maka kedua pengantin akan bersangding di rumah anak dari. Anak daro dan marapulai akan menanti tamu alek salinga alam dan diwarnai musik dari halaman rumah.

Nah kini mari kita lihat hasil sesi pemotretan oleh tim Gofotovideo, selamat menikmati.

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 120

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 121

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 122

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 123

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 124

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 125

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 126

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 127

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 128

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 129

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 130

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 131

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 132

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 133

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 134

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 135

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 136

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 137

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 138

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 139

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 140

DSC00474Asmall

DSC00495Asmall

DSC00501Asmall

DSC00506Asmall

DSC00510Asmall

DSC00529Asmall

DSC00562Asmall

DSC00567Asmall

DSC00574Asmall

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 150

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 151

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 152

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 153

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 154

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 155

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 156

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 157

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 158

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 159

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 160

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 161

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 162

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 163

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 164

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 165

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 166

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 167

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 168

gofotovideo pernikahan adat minang di graha wredatama 169